OPERASI YUSTISI GUNA PERKETAT PROKES DI SEKOLAH

Proses sidak dari tim yustisi Kabupaten Tegal (foto : doc.spensawi)

SmartEdu– Sabtu, 2 Oktober 2021, diadakan sidak prokes (protokol kesehatan) yang dipimpin oleh tim Yutisi dari Polres Tegal. Sidak prokes ini dilakukan di SMP Negeri 1 Slawi. Setiap Kelas dari Kelas VII-XI dan ruang guru serta ruang lainnya diperiksa oleh tim yutisi. Sidak prokes ini diadakan oleh tim yutisi untuk mengetahui dan mengevaluasi apakah suatu sekolah sudah menerapkan dan mematuhi prokes atau tidak. Jika suatu sekolah tidak menerapkan prokes sesuai aturan yang berlaku maka ijin kegiatan tatap muka sekolah tersebut akan ditarik atau dibatalkan sementara oleh pihak satgas Covid-19 Kabupaten Tegal.

Lanjutkan membaca “OPERASI YUSTISI GUNA PERKETAT PROKES DI SEKOLAH”

SISWA SMP NEGERI 1 SLAWI YANG MULTITALENTA

Proses wawancara dengan Hefiza (Foto: Livia Prastita Permana 8.1)

𝗦𝗺𝗮𝗿𝘁𝗘𝗱𝘂-Hai sobat! Kali ini kita akan berbagi kisah seorang komikus SMP N 1 Slawi, Hefiza Cahaya Rayani yang biasa disapa Hefiza ia lahir di Tegal, tanggal 12 Oktober 2006 sekarang ia duduk di bangku kelas IX-6. Hefiza dikenal gemar menggambar komik digital, Selain menggambar ia juga hobi menulis cerita, membaca buku, dan menari. Kegemaran menggambarnya ternyata dimulai dari menggambar manual sejak ia duduk dibangku taman kanak-kanak dan saat ia duduk di bangku kelas 6 SD Negeri Procot 01 orang tuanya mulai mendukung si gadis cantik ini untuk menggambar secara digital. Disaat-saat menggambar nya, terkadang ia suka mendapat hinaan atau ejekan dari orang-orang sekitar, tetapi ia tak berputus asa dan terus berkembang.

Lanjutkan membaca “SISWA SMP NEGERI 1 SLAWI YANG MULTITALENTA”

PELAKSAAN KEGIATAN LARUT PRAMUKA SMP NEGERI 1 SLAWI

Pelaksanaan larut pramuka melalui google meet (Foto: Fitri Anisa Irawan 8.5)

SmartEdu- Pramuka merupakan salah satu ekskul wajib yang masih dilaksanakan hingga saat ini. Ekskul ini dilaksanakan setiap hari Jum’at, biasanya larut Pramuka dilaksanakan di sekolah. Namun, karena adanya  pandemi covid-19  larut dilakukan secara online, seperti larut kali ini yang dilakukan dengan melalui via google meet.

Lanjutkan membaca “PELAKSAAN KEGIATAN LARUT PRAMUKA SMP NEGERI 1 SLAWI”

RESENSI BUKU AKU BUKANNYA MENYERAH, HANYA SEDANG LELAH

Judul buku : Aku Bukannya Menyerah, Hanya Sedang Lelah
Penulis : Geulbaewoo
Penerbit : Penerbit Haru
Tahun Terbit Indonesia : 2021
Cetakan : ke-1
Tebal Buku : 250 Halaman
Kategori : Self Improvement
Penerjemah : Dewi Ayu Ambar Rani

Buku berjudul “aku bukannya menyerah ,hanya sedang lelah’’ yang dituliskan oleh GEULBAEWOO merupakan buku dari korea yang sudah dialih bahasakan dalam bahasa Indonesia. Format buku ini esai, penulisan cenderung seperti diary, bukan novel.

Buku ini secara fisik memiliki cover elegant dengan dasar warna putih gading dan gambar bunga matahari. Terdiri atas 250 halaman dengan ukuran 19 cm. diterbitkan oleh haru media, imprint dari penerbit haru. Buku yang saya baca cetakan pertama, bulan juni 2021.

Lanjutkan membaca “RESENSI BUKU AKU BUKANNYA MENYERAH, HANYA SEDANG LELAH”

GALERI VIDEO

Kegiatan MPLS tahun ajaran 2021/2022 hari ke-1
Kegiatan MPLS tahun ajaran 2021/2022 hari ke-2
Kegiatan MPLS tahun ajaran 2021/2022 hari ke-3
Indonesia Pusaka cover Ibu Mujiarti, M.Pd
Liputan waduk cacaban
Lomba MAPSI tahun 2021 kategori musik rebana
Lomba MAPSI tahun 2021 kategori pidato putra
Lomba MAPSI tahun 2021 kategori pidato putri
Lomba MAPSI kategori tilawah putri
Cidro (Didi Kempot) cover Pak Nuridin
Lomba FLS2N tahun 2021-Lukisan Indonesia (Naura) cover Arini Dwi Astuti
FLS2N TAHUN 2021- tahap awal latihan pembuatan poster digital
Lomba FLS2N tahun 2021- kreatifitas musik tradisional SMP Negeri 1 Slawi

TIM REDAKSI

Tim Redaksi

Hai….Sobat SmartEdu…!

Perkenalkan kami dari tim jurnalistik SmartEdu yang berpangkalan di SMP Negeri 1 Slawi, Jl. Prof Muhammad Yamin No.32, Pakembaran, Kec. Slawi, Tegal, Jawa Tengah 52415.

Selamat datang di Blog edukasi kami, tentunya pada saat masa pandemi covid-19, kita hanya dapat menggunakan media sosial untuk mendapatkan informasi. Nah, dengan adanya Blog SmartEdu yang telah dibuat oleh kami, sobat dapat membaca dan memanfaatkan Blog kami ini. Akan tetapi, jangan lupa untuk memberi masukan, saran, kritikan di kolom komentar kami.

Tentunya masukkan, saran, dan kritikan dari sobat SmartEdu sangat lah dibutuhkan untuk membuat Blog kami menjadi lebih baik lagi untuk kedepannya, karena kami menyadari Blog kami masih banyak kekurangan.

Atas kunjungan sobat SmartEdu kami tim jurnalistik mengucapkan terimakasih.

TARI GUCI SEBAGAI CIRI KHAS TARIAN YANG BERASAL DARI KECAMATAN BUMIJAWA KABUPATEN TEGAL

Tari Guci secara massal (sumber: Tribun jateng)

SmartEdu-  Tari guci merupakan salah satu tarian yang berasal dari Kabupaten Tegal, lebih tepatnya berasal dari daerah Bumijawa. Tarian ini diciptakan pada tahun 2014 oleh seorang guru di salah satu SD yang bernama Kusti Mutfiah S.Pd. Beliau menciptakan tari ini karena terinspirasi pada saat ia ditugaskan untuk melatih tari pada tahun 1997. Tari Guci ini, ide dan gerakannya ia ciptakan sendiri tetapi, ada temannya yang merupakan pamong seni dari Kecamatan Bumijawa (Bu Elma) yang ikut serta membantu memberi nama gerakan dan merancang kostum atau pakaian, untuk iringan tari tersebut dibuat oleh sanggar kesenian yang dipimpin oleh Pak Widodo.

Tari Guci pertama kali ditampilkan pada tahun 2014 dalam rangka lomba FLS2N tingkat Kabupaten Tegal dan mendapatkan juara 3 namun, Tari Guci mulai dikenalkan terutama di Kecamatan Bumijawa sendiri yaitu pada tahun 2015 dan dipentaskan untuk acara pentas seni perayaan HUT RI di Kecamatan Bumijawa , kemudian pada tahun 2016 dipentaskan secara massal di Kecamatan Bumijawa setelah perayaan HUT RI di lapangan, serta sempat ditampilkan secara massal juga di pendopo Kabupaten Tegal ketika acara hari jadi Kabupaten Tegal pada tahun 2017.

Lanjutkan membaca “TARI GUCI SEBAGAI CIRI KHAS TARIAN YANG BERASAL DARI KECAMATAN BUMIJAWA KABUPATEN TEGAL”

GAMELAN SMP NEGERI 1 SLAWI

Grup gamelan SMP Negeri 1 Slawi (Foto:Livia Prastita Permana 8.1)

SmartEdu- Hai sobat Smart Edu! Tahukah kalian apa itu gamelan? Gamelan merupakan salah satu alat musik tradisional yang berasal dari Jawa Tengah yang masih dilestarikan hingga saat ini.

 SMP Negeri 1 Slawi yang biasa disingkat Spensawi menjadi salah satu wadah yang digunakan untuk ikut serta dalam melestarikan alat musik tradisional yang dikenal sebagai gamelan serta digunakan juga sebagai wadah untuk menuangkan kreatifitas, kebebasan bermusik dan bernyanyi yang temanya sesuai dengan kaidah-kaidah pendidikan.

Bahkan di Spensawi memiliki kelompok karawitan sendiri yang bernama “Dolanan Gamelan Spensawi”, Dolanan gamelan spensawi merupakan olahan gamelan dari SMP Negeri 1 Slawi yang dibentuk untuk menggugah dan mengajak semua siswa dan almamaternya untuk lebih semangat dalam menyelesaikan tugasnya untuk kepentingan pribadi dan masa depannya maupun bangsa.

Lanjutkan membaca “GAMELAN SMP NEGERI 1 SLAWI”