PELAKSAAN KEGIATAN LARUT PRAMUKA SMP NEGERI 1 SLAWI

Pelaksanaan larut pramuka melalui google meet (Foto: Fitri Anisa Irawan 8.5)

SmartEdu- Pramuka merupakan salah satu ekskul wajib yang masih dilaksanakan hingga saat ini. Ekskul ini dilaksanakan setiap hari Jum’at, biasanya larut Pramuka dilaksanakan di sekolah. Namun, karena adanya  pandemi covid-19  larut dilakukan secara online, seperti larut kali ini yang dilakukan dengan melalui via google meet.

Larut tersebut baru dimulai pada tanggal 1 Oktober 2021.  Larut dilaksanakan pukul 13.45-15.15. Kegiatannya mulai dari absensi, pembacaan Dasa Dharma, perkenalan pemateri, sambutan dari kamabigus SMP N 1 SLAWI, pemberian materi, kemudian siswa diberi waktu untuk mencatat materi tersebut, setelah mencatat materi dilakukan sesi tanya jawab yang paling cepat dan tepat menjawab akan diberi point oleh kakak Pembina, setelah itu siswa membuat kesimpulan dari materi yang diberikan kakak pembina dan dilanjut dengan absen kedua kemudian penutup.

Materi pada pertemuan pertama yang diberikan oleh kakak pembina adalah BIOGRAFI BP (BADEN POWELL) dan Mengenal Profil Pramuka SMP N 1 SLAWI.

Materi Biografi BP terdiri atas:
●       Keluarga Baden Powell,
●       dan Perjalanan hidup Baden Powell

Pada materi Pengenalan Profil Pramuka SMP N 1 SLAWI terdiri dari Pengenalan
●       Kamabigus SMP 1 SLAWI
●       Pembina dari SMP 1 SLAWI
●       Pelatih kegiatan Pramuka SMP 1 SLAWI
●       Pengurus Harian (Pratama, Wakil Pratama, Sekretaris, dan Bendahara)
●       Dan Pengurus  Sie (Sie Kegiatan, Kesehatan, Gabungan, Keagamaan, Kelengkapan, dan Ketertiban.
●       Prestasi yang pernah diraih Pramuka SMP 1 SLAWI
●       Kegiatan-kegiatan Pramuka (Larut Hari Jum’at Th. 2019, Pelantikan Dewan Penggalang, Upacara serah terima jabatan, Kegiatan sistem blok 5, Kegiatan api unggun sistem blok 4 dan 5, dan Pembekalan Calon Dewan Penggalang Th. 2021)
●       Dilanjut dengan Penutup

Biasanya, jika ada siswa yang kurang paham tentang materi yang diberikan, nantinya akan dijelaskan lagi oleh kakak pembina.

Penulis: Syafira Laila Ramadhani (8.9)
Editor: Zahra Asahi (8.9)

Tinggalkan komentar